selamat datang

animasi-bergerak-selamat-datang-0014

Sabtu, 19 November 2016

Deskripsi seni budaya


  • PENGERTIAN SENI BUDAYA

Secara umum, pengertian Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang secara bersama pada suatu kelompok secara turun-menurun dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang sulit meliputi sistem agama, dan politik, adat-istiadat, bahasa, pakaian, karya seni, perkakas dan bangunan. Istilah Budaya atau Kebudayaan berasal dari Bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, sebagai betuk jamak dari buddhi [budi atau akal] yang diartikan hal-hal yang berkaitan dengan budi, akal manusia. Sedangkan, pengertian Seni secara umum adalah segala sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahaan dan mampu membangkitkan perasaan orang lain. Istilah seni berasal dari kata Sani yang berarti Pemujaan, Persembahan, dan pelayanan yang erat dengan upacara keagamaan yang disebut dengan Kesenian. 
http://www.artikelsiana.com/2015/10/pengertian-seni-budaya-secara-umum-arti.html

Kata SENI dan BUDAYA adalah dua hal yang berkaitan dan tidak bisa terpisakan, karena pada setiap seni pasti memiliki kebudayaan yang khas begitu juga sebaliknya pada setiap kebudayaan pasti memiliki nilai seni yang sangat indah dan tak ternilai harganya. https://tasik-cyber.blogspot.co.id/2014/08/pengertian-seni-budaya-indonesia.html

  • CABANG-CABANG SENI BUDAYA

SENI RUPA : Merupakan seni dua dimensi/ tiga dimensi yang berdasarkan fungsinya terbagi menjadi dua jenis yaitu, SENI RUPA MURNI dan SENI RUPA TERAPAN. Seni rupa murni hanya bertujuan untuk dilihat keindahannya



SENI TARI : Merupakan seni tiga dimensi yang berdasarkan pada gerak tubuh manusia. TARI adalah keindahan ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan dalam bentuk gerak tubuh yang diperhalus melalui estetika.



SENI MUSIK : Merupakan cabang seni yang menggunakan media bunyi sebagai sarana pengungkapan ekspresi senimannya. Kata musik dalam Bahasa Indonesia adalah terjemahan dari Bahasa Inggris ''music'' atau Bahasa Belanda "muziek"





SENI TEATER : Merupakan seni yang paling kompleks, karena dalam visualisasinya ia menggabungkan cabang seni lainnya.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

animasi cursor

animasi

lagu

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Unordered List

Flag Counter

Pages

Theme Support