selamat datang

animasi-bergerak-selamat-datang-0014

Senin, 21 November 2016

seni musik tradisional

Seni musik tradisional
Musik tradisional disebut juga musik rakyat yaitu musik yang lahir dari tradisi/budaya daerah setempat. Musik tradisional berisi gambaran tingkah laku masyarkat setempat yang mempunyai ciri dan karakter tersendiri. Tiap-tiap daerah juga memberikan nama tersendiri untuk seni musiknya. Penamaan tersebut terkadang didasarkan didasarkan jenis yang digunakan secara dominan.
 Ø   Berikut jenis-jenis seni musik tradisional :
a.      Karawitan
Seni karawitan dikenal dijawa tengah, yogyakarta, jawa timur, dan jawa barat. Seni musik ini menggunakan seperangkat instrumen perkusi yang dinamakan gamelan. Sistem nada gamelan menggunakan tangga nada pentatonis dan memiliki dua sistem laras, yaitu laras slendro dan laras pelog. Titilaras adalah notasi yang dipergunakan didalam gamelan.


b.      Gamelan Bali
Di Bali setiap kegiatan mempunyai kesenian khusus yang ditampilkan ketika melakukan ritual. Di Bali istialah gamelan adalah Gambelan. Terdapat beberapa jenis gamelan Bali, yaitu : gamelan semar pagulingan, gamelan gong kebyar, gamelan semaradana.



c.       Angklung
Angklung adalah alat musik tradisional yang terbuat dari bambu yang dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi yang disebabkan oleh benturan badan pipa bambu). Macam-macam angklung : Angklung modern (pengembang daeng soetisna) dan Angklung tradisi Sunda (pengembang Udjo Ngalegena).

d.      Calung
Calung adalah alat musik Sunda yang meruapaka propotie dari Angklung, cara memainkan calung dengan cara memukul batang (wilahan, bilah) dari ruas-ruas (tabung bambu) yang tersusun menurut titi laras pentatonik. Ada dua bentuk calung Sunda yang dikenal, yakni calung rantay dan calung jijing.

e.      Tarling
Tarling adalah kesenian khas dari daerah pesisir timur laut  Jawa Barat (Indramayu, Cirebon dan sekitarnya. Nama “Tarling” diambil dari singkatan dari dua alat musik dominan gitar listrik dan suling.

f.        Kolintang
Kolintang berasal dari daerah Minahasa, ia dibuat dari kayu lokal yang ringan namun kuat. Nama kolintang berasal dari suaranya : Tong (nada rendah), Ting (nada tinggi) dan Tang (nada biasa).

 Ø   Mengidentifikasi unsur-unsur musik Nusantara
a)      Nada
Seni musik berusaha merangkai bunyi-bunyian dengan struktur nada tertentu sehingga membentuk sistem tertentu.
b)     Dinamik
Tanda dinamik adalah tanda tentang keras atau lembutnya suatu lagu dinyanyikan.
c)      Ritme (irama)
Ritme berasal dari bahasa Yunani ritmos yang berarti mengalir, dalam Bahasa Indonesia ritme secara pengertiannya dengan irama yakni mengalirnya alunan musik.
d)     Tempo
Tempo adalah istilah untuk menentukan cepat lambatnya lagu yang dinyanyikan.
 Ø   Sikap apresiatif terhadap keunikan seni musik Tradisional Nusantara

Sikap apresiatif terhadap keunikan seni musik tradisional ditujukan untuk mengantisipasi masuknya budaya global dari bangsa lain. Kita memiliki Tifa, Tifa adalah instrumen musik dari wilayah Indonesia bagian timur. Selain tifa kita juga memiliki Sasando, Sasando merupakan alat musik tradisional yang berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

animasi cursor

animasi

lagu

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Unordered List

Flag Counter

Pages

Theme Support