selamat datang

animasi-bergerak-selamat-datang-0014

Senin, 21 November 2016

seni rupa murni

Seni rupa murni (fine art)
Seni rupa murni adalah seni rupa yang fungsinya murni untuk keindahan, atau untuk kebutuhan jiwa. Karya ini lahir adanya ungkapan atau ekspresi jiwa.
1.    Tema seni rupa murni
Tema adalah gagasan, ide atau pokok pikiran yang ada didalam sebuah karya seni. Tema yang sering muncul dalam karya seni rupa adalah hal seputar hubungan manusia dengan dirinya sendiri, manusia dengna alam benda, manusia dengan manusia yang lain, manusia dengan kegiatannya, manusia dengan alam khayal, manusia dengan alam sekitar.
2.    Gaya / corak seni rupa murni daerah.
Secara garis besar, di dalam seni rupa dikenal dua corak dalam pengungkapan gagasan menjadi karya seni rupa, yaitu : corak figuratif adalah corak yang meggunakan figur-figur atau objek yang sudah dikenal dan corak nonfiguratif adalah corak yang tidak mengambil figur yang ada di alam (abstrak).
3.    Macam-macam karya seni rupa murni.
§  Seni lukis
Seni lukis merupakan salah satu cabang seni rupa yang berdimensi dua. Dalam pengertiannya seni lukis adalah ungkapan rasa estetis (keindahan) dengan menggunakan unsur garis, bidang, warna, tekstur, serta cahaya dalam kesatuan yang harmonis pada bidang dua dimensi. Tenik melukis terdiri dari teknik aquarel (transparan), teknik plakat (apaque), teknik spray (semprot), dan teknik pointilis. Langkah-langkah melukis :
·         Menyiapkan bahan dan alat.
·         Menemukan gagasan/ide.
·         Membuat sketsa.
·         Mewarnai.
·         Sentuhan akhir/ finishing touch



§  Seni patung
Seni patung merupakan cabang seni rupa murni yang diwujudkan lewat bentuk tiga dimensi. Karya seni patung adalah karya yang diciptakan untuk mengungkapkan ide-ide dan perasaan dari seniman yang mempunyai nilai estetis (keindahan).
 Bentuk-bentuk patung :
·         Torso : patung badan tanpa kepala, tanpa tangan, dan kaki.
·         Boos : patung setengah badan.
·         Kepala : patung kepala dan leher saja.
·         Free standing : patung seluruh tubuh dalam posisi berdiri.
·         Zonde : patung seluruh badan dalam posisi tidak berdiri (duduk, tiarap, bersila)
Fungsi patung :
·         Patung sebagai monumen
·         Patung sebagai arsitektur
·         Patung sebagai seni
·         Patung sebagai kerajinan
·         Patung sebagai religi
Teknik membuat patung meliputi teknik membutsir, teknik memahat, teknik mencetak dan teknik kontruksi
zonde
boos
kepala

§  seni grafis
Seni grafis adalah karya seni rupa dua dimensi yang proses pembuatannya melalui teknik cetak. Jensi-jenis seni grafis berdasarkan teknik pembuatannya dapat dibedakan menjadi 4, yaitu :  cetak tinggi, cetak dalam, cetak saring, dan cetak datar.


§  Seni keramik
Keramik berasal dari bahasa Yunani, yaitu KERAMOS, artinya periuk atau belanga yang dibuat dari tanah liat. Di Tiongkok keramik merupakan karya seni yang paling tua. Bahan baku keramik adalah tanah liat yang lazim disebut lempung. Tanah liat dapat diperoleh dengan menggali bagian bumi kita.

4.     Apresiasi karya seni rupa murni daerah
Apresiasi berasal dari kata latin “appretiatus” yang artinya kurang lebih penilaian atau penghargaan. Secara umum apresiasi dapat diartikan melakukan suatu pengamatan, penikmatan, penghayatan, pemahaman suatu nilai sekaligus memberi masukan berupa kritikan tanpa kehilangan rasa simpati terhadap suatu karya seni. Dalam apresiasi karya, dikenal dengan tiga tingkatan apresiasi yaitu :
§  Apresiasi empatik
§  Apresiasi estetis
§  Apresiasi kritis

Keunikan gagasan suatu karya seni menyangkut unsur, media, bentuk, tema, makna, simbolis, fungsi serta teknik berkarya. Apresiasi terhadap karya seni rupa dapat dilakukan dengan menganalisis keunikan-keunikan karya tersebut. 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

animasi cursor

animasi

lagu

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Unordered List

Flag Counter

Pages

Theme Support